Tim PPM Jurusan Matematika Mencetak Guru Pembina Kompetisi Matematika
Uncategorized

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Jurusan Matematika yang beranggotakan Hery Sutarto, Iwan Junaedi, Dwijanto, dan Edy Soedjoko yang merupakan Tim pembina Kompetisi Sains Nasional di Dinas Pendidikan dan Propinsi Jawa Tengah sekaligus tim pembina Kompetisi Sains Madrasah di Depag Propinsi Jawa Tengah mengajak guru-guru Matematika untuk mau dan mampu terlibat dalam mempersiapkan siswa mengikuti ajang kompetisi matematika. Kegiatan yang diusung adalah Penguatan Geometry for Mathematics Competition bagi Guru-guru Calon Pembina Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMP di Kota Semarang. dua kata yang menarik yang dipakai adalah “mau” dan “mampu” karena kegiatan ini dilatar belakangi sangat sedikit guru matematikayang mau menjadi pembina atau pelatih (coach) olimpiade matematika. Ketika ditarik ke belakang lagi, ketidakmauan tersebut dilatarbelakangi karena perasaan tidak mampu untuk menjadi pembina. Dua alasan ini menjadi rangkaian masalah yang hendak diselesaikan melalui kegiatan PPM ini.

Tidak disangka, antusiasme guru ternyata besar, hal ini dapat digambarkan pendaftar yang cukup banyak, baik dari kota semarang, maupun luar kota Semarang, bahkan dari berbagai propinsi pun berminat untuk bergabung dalam kegiatan ini. Tetapi jelas, kegiatan ini hendak mengangkat khusus guru-guru di kawasan kota Atlas. Finaly, dengan standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan di lingkungan Unnes selama masa pandemi, akhirnya terjaring melalui seleksi sebanyak 12 guru dari 12 sekolah yang berbeda.

Kegiatan ini berlangsung secara luring pada tanggal 18 Juli 2020 bertempat di Laboratorium Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang dan pertemuan kedua berlangsung 15 Agustus 2020 bertempat di SMP Terang Bangsa. Diantara kedua pelaksanaan tersebut diberikan penugasan-penugasan berupa soal-soal dan praktik pembinaan oleh peserta kepada masing-masing siswa di sekolahnya.

Banyak hal yang di dapat pasca kegiatan ini, seperti tambahan materi esensial yang memang diperlukan dalam melatihkan matematika kompetisi. Hal ini didapatkan dari angket dan wawancara kecil dengan peserta. Harapan besar yang di tanamkan oleh tim PPM ini adalah makin banyaknya guru matematika yang mau dan mampu terlibat dalam proses pembinaan dan penyiapan siswa-siswa pada masing-masing sekolah. Sehingga iklim kompetitif di kota Semarang dalam seleksi menjadi tim Jawa tengah dalam ajang KSN maupun KSM semakin tinggi. Jika iklim kompetitif ini makiin tinggi, maka anak-anak terpilih sebagai wakil Jawa Tengah pastilah benar-benar anak-anak terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *